%K Pratik Mengajar, PPL, Kegiatan Belajar. %X Pembekalan pengajaran mikro dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa tentang pengetahuan dasar yang diperlukan dalam praktik pelajaran mikro dan pembelajaran di sekolah. Secara umum pengajaran mikro bertujuan membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktik mengajar (Real Teaching) di sekolah dalam program PPL. Pratik mengajar terbimbing adalah pratik mengajar dimana pratikan masih mendapat arah pada pembuatan perangkat pembelajaran yang meliputi program satuan pelajar, rencana pembelajaran, media pembelajaran, alokasi dan pendampingan pada saat mengajar dikelas. Dalam pratik mengajar terbimbing ini semua pratikan mendapat bimbingan dari guru mata diklatnya masing-masing. Silabus menguraikan tentang materi pelajaran yang tercakup dalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan, untuk mengetahui kedalaman dan keluasan uraian materi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dibuat dengan tujuan sebagai acuan atau pedoman dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas dalam satu atau beberapa kali tatap muka. Sesuai dengan tugas yang di berikan oleh pihak SMK HAMONG PUTERA II PAKEM, pratikan mendapat tugas mengajar mata pelajaran Menganalisis Rangkain Listrik (MRL) untuk kelas X TITL 1 dan X TITL 2 muka di depan Teori dan Pratik. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami materi yang telah diajar sebelumnya. Hasil evaluasi yang hasil pratikan lakukan tidak selalu berjalan dengan lancar. Banyak kendala yang harus dihadapi seperti siswanya yang malas membaca buku catatan sehingga ketika pengambilan penilaian masih banyak sekali yang tidak memenuhi KKM. Untuk kelas X masih banyak siswa yang belum punya motivasi sehingga dari pihak pratikan harus bekerja keras agar kondisi siswa mampu menerima materi yang akan disampaikan. %A RIZA NURARFANI RIZA NURARFANI %L UNY45190 %I LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta %J Laporan PPL %D 2016 %T LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK HAMONG PUTERA II