%0 Thesis %9 S2 %A Zulmiani, Nuri %B Program Pascasarjana %D 2016 %F UNY:45174 %I UNY %K pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, penguasaan konsep, kreativitas %T Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta. %U http://eprints.uny.ac.id/45174/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap; (1)penguasaan konsep, dan (2) kreativitas pada pembelajaran tematik siswa kelas III. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest- posttest control group design. Penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta. Penentuan sampel dilakukan menggunakan simple random sampling. Kelas IIIB SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta sebagai kelas eksperimen mengikuti pembelajaran memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dan kelas IIIA SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta sebagai kelas kontrol mengikuti pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan dalam kelas sebagai sumber belajar. Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, data dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan program komputer SPSS 21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar; (1) tidak berpengaruh terhadap penguasaan konsep dengan taraf signifikan menunjukkan 0,064>0,05, (2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas dengan taraf signifikan menunjukkan 0,000<0,05, pada pembelajaran tematik siswa kelas III.