@phdthesis{UNY45174, school = {UNY}, title = {Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta.}, month = {October}, author = {Nuri Zulmiani}, year = {2016}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap; (1)penguasaan konsep, dan (2) kreativitas pada pembelajaran tematik siswa kelas III. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest- posttest control group design. Penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta. Penentuan sampel dilakukan menggunakan simple random sampling. Kelas IIIB SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta sebagai kelas eksperimen mengikuti pembelajaran memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dan kelas IIIA SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta sebagai kelas kontrol mengikuti pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan dalam kelas sebagai sumber belajar. Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, data dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan program komputer SPSS 21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar; (1) tidak berpengaruh terhadap penguasaan konsep dengan taraf signifikan menunjukkan 0,064{\ensuremath{>}}0,05, (2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas dengan taraf signifikan menunjukkan 0,000{\ensuremath{<}}0,05, pada pembelajaran tematik siswa kelas III.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/45174/}, keywords = {pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, penguasaan konsep, kreativitas} }