eprintid: 45172 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1271 dir: disk0/00/04/51/72 datestamp: 2016-12-27 07:06:48 lastmod: 2019-01-30 12:30:50 status_changed: 2016-12-27 07:06:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kristi Arini, Yohana corp_creators: Dr. Maman Suryaman corp_creators: Beniati Lestyarini, M.Pd title: ANALISIS MATERI MEMBACA PADA BUKU SISWA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA ispublished: submitted subjects: E1 divisions: fbs_jurdik_indonesia_pend_bahasa_dan_sastra_indonesia full_text_status: public abstract: Buku ajar merupakan salah satu bahan ajar tertulis yang digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Pemerintah mulai meluncurkan Buku kurikulum 2013 untuk mendukung ketersediaan buku ajar untuk pembelajaran disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cakupan materi membaca, kategorisasi membaca, dan kesesuaian antara materi membaca dengan Kurikulum 2013 pada buku siswa Bahasa dan Sastra Indonesia SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku siswa Bahasa dan Sastra Indonesia SMP kelas VII kurikulum 2013. Data diperoleh dengan menggunakan teknik baca dan catat. Data dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konten deskriptif. Penelitian ini menggunakan analisis konten deskriptif jadi tidak menyentuh kedalaman isi sampai aspek makna, karena aspek tersebut akan dikaji lebih lanjut dengan analisis konten inferensial. Penelitian ini menghasilkan dua simpulan. Pertama, pembagian kategorisasi membaca terdapat dua macam, yaitu: 1) membaca nyaring, dan 2) membaca dalam hati. Membaca dalam hati terdiri atas: (a) membaca ekstensif, yang dibagi lagi menjadi: membaca survey, membaca sekilas, dan membaca dangkal, dan (b) membaca intensif, yang terdiri dari: membaca telaah isi dan membaca telaah bahasa. Membaca telaah isi terdiri dari: membaca teliti, pemahaman, kritis, dan membaca ide-ide. Membaca telaah bahasa terdiri dari: membaca bahasa dan membaca sastra. Kedua, kesesuaian materi membaca dengan kurikulum 2013 berdasarkan KI dan KD belum menyeluruh tetapi sudah terintegrasi dengan kurikulum. date: 2016-12-27 date_type: submitted institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: skripsi citation: Kristi Arini, Yohana (2016) ANALISIS MATERI MEMBACA PADA BUKU SISWA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/45172/1/SKRIPSI%20YOHANA%20OK.pdf