TY - THES PB - UNY A1 - Idrus, Idrus Y1 - 2010/06/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan model connected, integrated dan konvensional, dan (2) menganalisis urutan model pembelajaran yang paling efektif di antara model connected, integrated, dan konvensional. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain matching posttest comparasion group design. Populasi penelitian adalah SMP SSN di Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage sampling. Dalam penelitian ini, variabel independen adalah model pembelajaran yang terdiri tiga katagori, yakni; model integrated, model connected, dan model konvensional. Variabel dependen adalah skor hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan tes hasil belajar. Validasi instrumen dilakukan dengan menghitung daya pembeda dan tingkat kesukaran soal, sedangkan reliabilitas dihitung dengan menggunakan KR-20. Uji persyaratan meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene Test. Data diolah menggunakan analisis one way anova kemudian dilanjutkan dengan uji perbandingan Scheffe pada taraf signifikansi 0,05. Hasil eksperimen menyimpulkan bahwa; (1) ada perbedaan yang signifikan, antara hasil belajar siswa yang menggunakan model integrated, connected, dan konvensional. Uji lanjut menggunakan scheffe memastikan model integrated lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dibanding model connected dan model konvensional. Sementara itu, model connected lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dibanding model konvensional. Dengan demikian, urutan model yang paling efektif adalah model integrated, model connected, dan model konvensional; (2) ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa berkemampuan tinggi yang belajar dengan model integrated, connected, dan konvensional; (3) ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa berkemampuan rendah yang belajar dengan model integrated, connected, dan konvensional; (4) tidak ada interaksi pengaruh antara model pembelajaran dengan tingkat kemampuan siswa terhadap hasil belajar IPS. UR - http://eprints.uny.ac.id/45170/ KW - model connected KW - model integrated KW - pembelajaran IPS AV - public TI - Keefektifan Model Connected dan Integrated dalam Pembelajaran IPS SMP di Kota Yogyakarta M1 - tesis ID - UNY45170 ER -