%T Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Menonton Televisi Pendidikan dengan Nilai-nilai Moral Siswa Kelas V SD Se-Gugus Puren Condongcatur Depok Sleman. %D 2016 %I UNY %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) hubungan antara pola asuh orang tua dengan nilai-nilai moral, (2) hubungan antara kebiasaan menonton televisi pendidikan dengan nilai-nilai moral, dan (3) hubungan antara pola asuh orang tua dan kebiasaan menonton televisi pendidikan dengan nilai-nilai moral siswa kelas V SD se-Gugus Puren Condongcatur Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif noneksperimental. Sampel penelitian yaitu 149 siswa kelas V SD se-Gugus Puren Condongcatur Depok Sleman. Sampel penelitian diambil secara proportionate stratified random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner pola asuh orang tua, kebiasaan menonton televisi pendidikan dan nilai-nilai moral. Validitas instrumen menggunakan expert judgement dan analisis faktor. Reliabilitas instrumen menggunakan koefisien Cronbach alpha. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan nilai-nilai moral yang ditunjukkan dengan r 0,812 > rtabel 0,159 dan p < 0,05. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan menonton televisi pendidikan dengan nilai-nilai moral yang ditunjukkan dengan r 0,731 > rtabel 0,159 dan p < 0,05. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan kebiasaan menonton televisi pendidikan dengan nilai-nilai moral yang ditunjukkan dengan r 0,841 > rtabel 0,159 dan F 176,828 > Ftabel 3,06. %A Ika Noviana %K Pola asuh orang tua, kebiasaan menonton televisi pendidikan, nilai-nilai moral, Sekolah Dasar. %L UNY45158