eprintid: 45112 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 57 dir: disk0/00/04/51/12 datestamp: 2016-12-23 06:46:49 lastmod: 2019-01-29 12:03:33 status_changed: 2016-12-23 06:46:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sarikin, Ade Nanang title: Peningkatan Moralitas Siswa Melalui Metode Sosiodrama dari Kisah Teladan Rasulullah saw. di Sekolah Dasar ispublished: pub subjects: D1 subjects: pendidikan_ips divisions: pps_ips full_text_status: public keywords: moralitas siswa, metode sosiodrama abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan moralitas siswa melalui penggunaan metode sosiodrama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan sosiodrama tentang kisah-kisah Rasulullah saw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Desain PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN Kedungwungu Kabupaten Subang yang berjumlah 27 orang. Kolaborator dalam penelitian ini adalah guru agama sebagai pelaksana tindakan dan peneliti bertindak sebagai observer. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman mencakup tiga kegiatan yang bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan moralitas siswa secara bertahap yang ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang berperilaku sebagaimana ditetapkan. 1) Jumlah siswa yang berperilaku sesuai dengan moralitas keadilan pada siklus I = 4 siswa (14,81%), siklus II = 15 siswa (55,54%) dan siklus III = 25 siswa (92,59%). 2) Jumlah siswa yang berperilaku sesuai moralitas kejujuran pada siklus siklus I = 3 siswa (11,11%) pada siklus II = 20 siswa (74,07%) dan pada siklus III = 25 siswa (92,59%). 3) Jumlah siswa yang menunjukan moralitas rendah hati pada siklus I = 3 siswa (11,11%) siklus II = 14 siswa (51,85%), siklus III = 26 siswa (96,29%). 4) Jumlah siswa yang berperilaku sesuai moralitas kasih sayang pada siklus I = 5 siswa (18,51%), siklus II = 16 siswa (59, 25%), dan pada siklus III = 25 siswa (92,59%). Dengan demikian metode sosiodrama dengan tema kisah-kisah Rasulullah dan para sahabat dapat meningkatkan moralitas siswa SD. date: 2010-10-31 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Sarikin, Ade Nanang (2010) Peningkatan Moralitas Siswa Melalui Metode Sosiodrama dari Kisah Teladan Rasulullah saw. di Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/45112/1/tesis-ade-nanang-sarikin-08705251002.swf