TY - THES TI - PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI MEMAKAI KAOS KAKI DAN SEPATU PADA ANAK AUTIS KELAS 1 SDLB DI SLB KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA AV - public ID - UNY45089 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/45089/ Y1 - 2016/11/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pengembangan diri memakai kaos kaki dan sepatu pada anak autis kelas 1 SDLB di SLB Khusus Autis Bina Anggita. Pelaksanaan pembelajaran tersebut terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu (1) guru kelasdenganjeniskelaminperempuan dan satu (1) siswa autis kelas 1berjeniskelaminlaki-lakidanberusia 8 tahun. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi kegiatan. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran pengembangan diri memakai kaos kaki dan sepatu untuk siswa autis terdiri atas (1)perencanaan pembelajaran yang disusun berdasarkan hasil asesmen kemampuan awal siswa. (2)pelaksanaan, yaitu terdiri dari tahap awal guru membuka pembelajaran dengan berdoa dan mengulang materi sebelumnya, tahap inti guru menyampaiakan materi tentang memakai kaos kaki dan sepatu berupa praktek secara langsung.Pada saat memakai sepatu J masih sering menginjak bagian belakang sepatu dan karena tidak nyaman J menghentak-hentakkan kakinya ke lantai maka guru memberikanbantuan berupa gerakan guru menenangkan J lalu mengajak J duduk kembali dan membetulkan posisi kaki J sembari guru menerangkan ketika memakai sepatu J harus memperhatikan dan memaksimalkan penggunaan tangannya yaitu untuk memegang bagian belakang sepatu. (3) tahap evaluasi yang dilakukan secara terstruktur yaitu terdiri dari evaluasi proses yang dilakukan saat pembelajaran sedang berlangsung, evaluasi tes dan non tes dilakukan dengan melihat kemampuan praktek memakai kaos kaki dan sepatu dan evaluasi non tes yaitu dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap kemampuan J. A1 - Yeni, Ekawati PB - Universitas Negeri Yogyakarta ER -