%0 Thesis %9 S1 %A Yeni, Irma Normawati %B Jurusan Pendidikan Luar Biasa %D 2016 %F UNY:45086 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PERUBAHAN WUJUD ZAT PADA ANAK AUTIS KELAS VII DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/45086/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Guided Discovery terhadap prestasi belajar dalam pembelajaran perubahan wujud zat pada anak autis kelas VII di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Metode Guided Discovery adalah metode pembelajaran yang memberikan kesempatan pada siswa agar lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga siswa dapat menemukan suatu pengetahuan secara mandiri dengan bimbingan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan metode A-B-A’. Subjek penelitian merupakan satu orang siswa autis kelas VII dengan kondisi pemahaman yang kurang mengenai materi perubahan wujud zat. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif, kemudian ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tes kemampuan kognitif subjek pada fase baseline 1 mencapai 46,67% meningkat menjadi 76,67% pada fase intervensi, dan 86,67% pada fase baseline 2. Kemampuan afektif subyek fase baseline 1 mencapai 48,33% menjadi 69,71% pada fase intervensi dan mencapai 93,16% pada fase baseline 2. Kemampuan psikomotor subyek fase baseline 1 38,33%, meningkat menjadi 59,16% pada fase intervensi, dan mencapai 75,83% pada fase baseline 2. Data tumpang tindih (overlap) kemampuan kognitif 33,33% dan kemampuan afektif serta psikomotor mencapai 0%. Hal ini menunjukkan bahwa metode guided discovery berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pembelajaran perubahan wujud zat pada anak autis.