eprintid: 45026 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/50/26 datestamp: 2016-12-22 06:46:47 lastmod: 2019-10-01 11:35:13 status_changed: 2016-12-22 06:46:47 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Erna Suryani, Erna Suryani title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 KALASAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, SMP Negeri 2 Kalasan, Kelas VIII, PKK-Keterampilan. abstract: Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan perpaduan kegiatan yang bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan. Program PPL ini pun sebagai sarana untuk membekali mahasiswa bidang kependidikan dengan keterampilan berupa kemampuan memberikan pembelajaran di kelas, manajerial sekolah dan mengatasi permasalahan yang muncul dalam kegiatan pengajaran di lapangan. Tujuan yang lain dari kegiatan ini yakni memberikan pengalaman lapangan secara nyata kepada mahasiswa tentang keadaan dan kondisi yang sebenarnya suatu lingkungan sekolah. Penempatan mahasiswa di lokasi praktik diharapkan mampu memberi sumbangsih pemikiran untuk memajukan kualitas lembaga dan mampu memotivasi masyarakat sekolah dalam usaha mengembangkan segala potensi yang dimilikinya. Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kalasan sebagai Sekolah yang menjadi salah satu sasaran penempatan mahasiswa PPL diharapkan akan menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki. Siswa- siswi di sekolah ini memiliki banyak prestasi dan didukung dengan sarana dan prasarana penunjang proses kegiatan belajar mengajar yang terdiri dari beberapa fasilitas yang tersedia di sekolah. Sekolah ini pun merupakan sekolah adiwiyata, di mana kebersihan lingkungan sekolah menjadi perhatian utama bagi seluruh warga sekolah. Progam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) meliputi observasi Pra PPL dan pelaksanaan PPL di sekolah. Praktik mengajar dilaksanakan di kelas VIII pada matapelajaran PKK-keterampilan, sebelum melakukan praktik mengajar mahasiswa membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai acuan dalam mengajar. Dalam pelaksanaan PPL mahasiswa mempunyai Guru Pembimbing Lapangan yang merupakan guru mata pelajaran terkait program studi mahasiswa, dengan harapan bahwa Guru Pembimbing Lapangan dapat membimbing mahasiswa dalam praktik mengajar. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Erna Suryani, Erna Suryani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/45026/1/Laporan%20PPL%20Individu%20Erna%20Suryani_13207241054.pdf