<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PELAKSANAAN PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA \r\nKELAS VIII SMP NEGERI 1 PAKEM SLEMAN"^^ . "Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama mendeskripsikan \r\npelaksanaan pembelajaran apresiasi drama pada kelas VIII di SMP Negeri 1 \r\nPakem berdasarkan komponen pembelajaran. Kedua, mendeskripsikan faktor \r\npendukung dan penghambat dalam pembelajaran apresiasi drama kelas VIII di \r\nSMP Negeri 1 Pakem. Ketiga, mendeskripsikan upaya guru mengatasi \r\nhambatan dalam pembelajaran apresiasi drama kelas VIII di SMP Negeri 1 \r\nPakem. \r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan \r\nsubjek penelitian, yaitu siswa kelas VIII C SMP N 1 Pakem dan guru bahasa \r\nIndonesia SMP N 1 Pakem. Objek penelitian ini adalah pembelajaran drama \r\npada kelas VIII di SMP Negeri 1 Pakem. Data dikumpulkan melalui \r\npengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Instrumen utama dalam \r\npenelitian adalah peneliti sendiri. Teknik yang digunakan untuk mencapai \r\nkredibilitas dalam penelitian ini adalah triangulasi dan peningkatan ketekunan. \r\nTeknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan \r\ntiga tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan \r\npembelajaran berjalan dengan baik, ditinjau dari delapan komponen \r\npembelajaran, yakni siswa, guru, tujuan, materi, strategi, media, metode, dan \r\npenilaian. Kedua, faktor pendukung keberhasilan pembelajaran drama dari \r\nsiswa adalah kemampuan siswa dalam bersastra dan motivasi siswa dalam \r\nbelajar, dari guru adalah semangat dan motivasi guru dalam mengajar, dan \r\ndari lingkungan dan waktu adalah sarana prasarana pembelajaran memadai \r\ndan hubungan baik antarwarga sekolah. Adapun faktor penghambat \r\nkeberhasilan pembelajaran muncul dari berbagai hal antara lain ketidakaktifan \r\nsiswa dalam belajar, rendahnya rasa percaya diri siswa, guru kurang \r\nmenguasai IT, minimnya metode dan strategi yang digunakan guru, \r\nketerbatasan dalam pengucapan guru, fasilitas perpustakaan kurang memadai, \r\njendela kaca kelas terpasang rendah, banyak waktu yang tidak efektif, dan \r\npembelajaran di siang hari. Ketiga, upaya guru mengatasi hambatan dengan \r\nmemaksimalkan kerja guru, menggunakan kemampuan yang dimiliki guru, \r\nmemvariasikan metode dan strategi pembelajaran, memaksimalkan \r\npenggunaan buku dan membaca buku sastra, melakukan pembaruan buku, \r\nmemadatkan materi, memberi penugasan, dan membebaskan siswa dalam \r\npenugasan."^^ . "2016-12-22" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . "Dwyana"^^ . "Putri Wulandari"^^ . "Dwyana Putri Wulandari"^^ . . "Dr. Hartono"^^ . . . "Dwi Budiyanto, M.Hum"^^ . . . . . . . "PELAKSANAAN PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA \r\nKELAS VIII SMP NEGERI 1 PAKEM SLEMAN (Text)"^^ . . . "SKRIPSI.pdf"^^ . . . "PELAKSANAAN PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA \r\nKELAS VIII SMP NEGERI 1 PAKEM SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PELAKSANAAN PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA \r\nKELAS VIII SMP NEGERI 1 PAKEM SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PELAKSANAAN PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA \r\nKELAS VIII SMP NEGERI 1 PAKEM SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PELAKSANAAN PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA \r\nKELAS VIII SMP NEGERI 1 PAKEM SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PELAKSANAAN PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA \r\nKELAS VIII SMP NEGERI 1 PAKEM SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #45011 \n\nPELAKSANAAN PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA \nKELAS VIII SMP NEGERI 1 PAKEM SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa dan Sastra Indonesia"@en . .