TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/45010/ ID - UNY45010 M1 - skripsi AV - public TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE UNTUK PENGUASAAN GERBANG LOGIKA DASAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PB - UNY A1 - Farah Puspa, Marsyali N2 - Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran mobile untuk penguasaan gerbang logika dasar, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran mobile untuk penguasaan gerbang logia dasar, dan (3) mengetahui dampak media pembelajaran mobile untuk penguasaan gerbang logika dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE menurut Robert Maribe Branch dan model pengembangan Waterfall menurut Pressman. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan empat pilihan jawaban untuk ahli dan empat pilihan jawaban untuk siswa. Validitas yang digunakan berdasarkan pendapat ahli (Expert Judgement). Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) unjuk kerja media pembelajaran mobile gerbang logika dasar dikategorikan ?Sangat Baik? dengan rerata nilai 100 pada indikator kesesuaian media dan ketepatan navigasi sesuai dengan dimensi functionality standar ISO 9126, (2) kelayakan materi pada media pembelajaran mobile ditinjau dari ahli materi memperoleh rerata nilai sebesar 79,69 dengan kategori ?Sangat Layak? sedangkan dari ahli media memperoleh rerata nilai sebesar 77,60 dengan kategori ?Sangat Layak?, dan (3) penggunaan media pembelajaran mobile berdampak pada penguasaan gerbang logika dasar diketahui dari adanya perbedaan yang signifikan berdasarkan uji Wilcoxon dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 pada SMK N 2 Pati dan 0,008 pada SMK Muhammadiyah Kudus, serta nilai gain berdasarkan modus sebesar 36,84% dengan kategori ?Lebih dari Sedang? untuk SMK N 2 Pati dan nilai gain berdasarkan modus sebesar 37,04% dengan kategori ?Sedang? untuk SMK Muhammadiyah Kudus. Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran Mobile, Gerbang Logika Dasar Y1 - 2016/12/22/ ER -