<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH\r\n\r\nWANITA DEWASA DALAM MATA PELAJARAN MENGGAMBAR\r\n\r\nBUSANA PADA SISWA KELAS X\r\n\r\nSMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul menggambar\r\n\r\nproporsi tubuh wanita dewasa di SMK Ma’arif 2 Piyungan pada mata pelajaran\r\n\r\nmenggambar busana, 2) mengetahui kelayakan media modul menggambar\r\n\r\nproporsi tubuh wanita dewasa di SMK Ma’arif 2 Piyungan pada mata pelajaran\r\n\r\nmenggambar busana.\r\n\r\nPenelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (research and development)\r\n\r\nmenggunakan model Borg&Gall yang disederhanakan tim puslitjaknov dengan 5\r\n\r\nlangkah penelitian yaitu: 1) analisis produk, 2) Mengembangkan produk awal, 3)\r\n\r\nValidasi ahli dan revisi, 4) Uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, 5) Uji\r\n\r\ncoba lapangan skala besar dan produk akhir. Subyek dalam penelitian ini yaitu\r\n\r\n17 siswa kelas X busana butik di SMK Ma’arif 2 Piyungan. Metode pengumpulan\r\n\r\ndata menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Validasi\r\n\r\ninstrument yang digunakan adalah validitas isi (content validity). Uji reliabilitas\r\n\r\nmenggunakan Alpha Cronbach. Analisis dilakukan dengan analisis deskriptif.\r\n\r\nHasil penelitian berupa: 1) modul menggambar proporsi tubuh wanita\r\n\r\ndewasa dengan spesifikasi berupa modul yang informative, menarik bagi siswa\r\n\r\ndan membantu dalam belajar secara mandiri yang dikembangkan melalui\r\n\r\ntahapan: a) analisa kebutuhan produk dengan menganalisa kompetensi dasar,\r\n\r\nsilabus, dan analisa kebutuhan modul dengan observasi kelas, wawancara murid\r\n\r\ndan guru, b) mengembangkan produk awal berupa modul menggambar proporsi\r\n\r\ntubuh wanita dewasa, c) validasi ahli materi dan validasi ahli media dengan hasil\r\n\r\nmasing-masing menyatakan “layak” dengan presentase 100%, d) uji coba\r\n\r\nkelompok kecil yang dilakukan oleh 5 siswa dengan hasil 3 siswa menyatakan\r\n\r\n“sangat setuju” dengan presentase 60% dan 2 siswa menyatakan “setuju”\r\n\r\ndengan presentase 40% dan hasil perhitungan mean 123,4 pada kategori\r\n\r\n“sangat setuju”, e) uji coba kelompok besar yang dilakukan oleh 12 siswa dengan\r\n\r\nhasil 9 siswa menyatakan “sangat setuju” dengan presentase 75% dan 3 siswa\r\n\r\nmenyatakan “setuju” dengan presentase 25%, dan hasil perhitungan mean 128,6\r\n\r\npada kategori “sangat setuju”,sehingga menghasilkan produk akhir berupa modul\r\n\r\nmenggambar proporsi yang layak digunakan sebagai media pembelajaran, 2)\r\n\r\nkelayakan media modul menggambar proporsi yang dinyatakan “layak” oleh ahli\r\n\r\nmedia dan ahli materi dengan presentase masing-masing 100%, serta kelayakan\r\n\r\nmodul yang dinilai dari uji kelayakan oleh siswa sebanyak 12 orang denganhasil\r\n\r\n9 siswa menyatakan sangat setuju (75%) dan 3 siswa yang menyatakan “setuju”\r\n\r\n(25%)sehingga dapat diinterpretasikan bahwa modul menggambar proporsi\r\n\r\ntubuh wanita dewasa ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran\r\n\r\nsiswa kelas X di SMK Ma’arif 2 Piyungan.\r\n\r\nKata kunci : Modul menggambar proporsi, pengembangan dan kelayakan modul"^^ . "2016-12-22" . . . "UNY"^^ . . . "FT UNY, UNY"^^ . . . . . . . . . "Nur Diana"^^ . "Ida"^^ . "Nur Diana Ida"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH\r\n\r\nWANITA DEWASA DALAM MATA PELAJARAN MENGGAMBAR\r\n\r\nBUSANA PADA SISWA KELAS X\r\n\r\nSMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN (Text)"^^ . . . "SKRIPSI.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH\r\n\r\nWANITA DEWASA DALAM MATA PELAJARAN MENGGAMBAR\r\n\r\nBUSANA PADA SISWA KELAS X\r\n\r\nSMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH\r\n\r\nWANITA DEWASA DALAM MATA PELAJARAN MENGGAMBAR\r\n\r\nBUSANA PADA SISWA KELAS X\r\n\r\nSMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH\r\n\r\nWANITA DEWASA DALAM MATA PELAJARAN MENGGAMBAR\r\n\r\nBUSANA PADA SISWA KELAS X\r\n\r\nSMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH\r\n\r\nWANITA DEWASA DALAM MATA PELAJARAN MENGGAMBAR\r\n\r\nBUSANA PADA SISWA KELAS X\r\n\r\nSMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH\r\n\r\nWANITA DEWASA DALAM MATA PELAJARAN MENGGAMBAR\r\n\r\nBUSANA PADA SISWA KELAS X\r\n\r\nSMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #45009 \n\nPENGEMBANGAN MODUL MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH \n \nWANITA DEWASA DALAM MATA PELAJARAN MENGGAMBAR \n \nBUSANA PADA SISWA KELAS X \n \nSMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Boga dan Busana" . .