%X Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosesi Cakak Pepadun sebagai setting tari Cangget, deskripsi tari Cangget, dan nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam tari Cangget pada upacara Cakak Pepadun di kota Bandar Lampung. Objek penelitian ini adalah tari Cangget dalam upacara adat Cakak Pepadun di kota Bandar Lampung. Penelitian difokuskan pada prosesi Cakak Pepadun sebagai setting tari Cangget, dan pendeskripsian tari Cangget melalui aspek-aspek koreografis yang bisa membantu untuk menentukan nilai-nilai edukatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu menguraikan semua aspek yang sedang diteliti. Narasumber penelitian ini terdiri dari penyimbang adat, pengetuho agung, budayawan, seniman tari Cangget (baik pemusik maupun penari dan pelatih musik dan tari), beberapa informan dari Taman Budaya kota Bandar Lampung, dan masyarakat yang terlibat dalam upacara Cakak Pepadun. Data diperoleh dengan menggunakan beberapa teknik, yaitu observasi partisipatif, wawancara mendalam, studi dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan nilai edukatif tari Cangget dalam upacara adat cakak pepadun adalah: (1) mengajarkan norma-norma yang membentuk etika tata pergaulan, (2) mendidik prilaku dalam kehidupan sosial, (3) disiplin dalam beribadah, (4) menghormati orang lain terlebih dahulu, (5) membentuk karakter pribadi seseorang, (6) sikap gotong royong serta memiliki nilai kekeluargaan dan silaturahmi, dan (7) menahan diri agar tidak melakukan hal yang tidak baik, (8) mengajarkan untuk bekerja keras dan berfikir cerdas, (9) mengajarkan untuk melakukan hal-hal yang disukai oleh Allah SWT. Nilai edukatif tidak hanya terdapat pada tari cangget tetapi juga tercermin dalam pelaksanaan dan peraturan tari cangget yang tidak dapat dipisahkan dengan upacara gawi Cakak Pepadun %I UNY %A Masayu Suci Firdayuni %T NILAI EDUKATIF TARI CANGGET DALAM UPACARA ADAT CAKAK PEPADUN DI KOTA BANDAR LAMPUNG %D 2011 %L UNY450