%0 Report %9 Project Report %A ADE PRASETYO, ADE PRASETYO %D 2016 %F UNY:44942 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, Pembelajaran, SMP MUH 2 Depok %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2016/2017 PERIODE 15 JULI s/d 15 SEPTEMBER 2016 LOKASI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK %U http://eprints.uny.ac.id/44942/ %X Salah satu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Dari sinilah mahasiswa mendapatkan berbagai macam pengalaman dalam mengajar. Salah satu lokasi yang ditunjuk oleh Universitas Negeri Yogyakarta adalah SMP Muhammadiyah 2 Depok yang berlokasi di jl. Swadaya no 4 Karangasem, Condongcatur, Depok, Sleman. Kegiatan PPL merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai wujud pengabdian mahasiswa kepada sekolah atau lembaga masyarakat sekaligus untuk melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki. Kegiatan yang dilakukan adalah observasi lingkungan pembelajaran dan lingkungan fisik sekolah, persiapan mengajar pembuatan rencana pembelajaran, kegiatan praktik mengajar, pembuatan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, analisis hasil evaluasi, dan pembuatan laporan sebagai kegiatan akhir dalam rangka Praktik Pengalaman Lapangan di SMP Muhammadiyah 2 Depok. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2015 di SMP Muhammadiyah 2 Depok, Sleman. Selama praktik mahasiswa diberi kepercayaan untuk mengampu kelas VII A, VII B dan VII C dengan bimbingan Pak Primadi Pamungkas, S.Pd.Mahasiswa melakukan pembelajaran sebanyak 18 kali dengan materi yang berbeda-beda. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Pada akhirnya mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Selain itu juga memperoleh pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang selanjutnya sangat berguna bagi praktikan untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidik yang profesional, memiliki nilai, sikap, dan pengetahuan serta keterampilan yang mumpuni. Selain itu, kegiatan PPL yang dilaksanakan selama 2 bulan itu juga untuk menambah pengalaman mahasiswa dalam proses belajar mengajar yang berhubungan dengan masalah-masalah yang dialami saat proses pembelajaran tersebut dan bagaimana mahasiswa dapat belajar untuk memecahkan permasalahan tersebut.