TY - RPRT N2 - Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) untuk mahasiswa S1 yang mengambil prodi kependidikan.yang bertujuan untukmemberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang didapatkannya di bangku perkuliahan ke dalam kehidupan pendidikan dalam hal ini adalah sekolah. SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah yang beralamatkan di Jalan Jombor Indah Km. 1 Klaten Tengah merupakan salah satu dari sekian sekolah yang dijadikan lokasi program PPL UNY pada tahun 2014 ini. Dalam pelaksanaan program PPL yang dimulai 1 Juli 2014 sampai 17 September 2014, kegiatan yang dilaksanakanberupa praktik mengajar kepada siswa kelas X dan XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Mahasiswa praktikan mengajar mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif dan Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan. Mahasiswa praktikan juga membuat persiapan perangkat pembelajaran. Perangkat Pembelajaran meliputi pembuatan rencana pembelajaran, program semester serta beberapa administrasi mengajar untuk mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif dan Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan. Bimbingan dengan guru pembimbing selalu dilaksanakan oleh mahasiswa praktikan mengenai teknik-teknik penguasaan kelas, penyampaian materi dan tata cara praktik setelah selesai mengajar. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam pengalaman dalam mengajar di kelas. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan akan tetapi dengan kerja sama dan komunikasi yang baik hambatan-hambatan tersebut dapat teratasi dan dapat menjadi sebuah pengalaman berharga bagi perjalanan menuju kesuksesan dimasa yang akan datang. Y1 - 2014/// PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Aprian Firmansyah, Aprian Firmansyah AV - public TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN TEGAH ID - UNY44935 M1 - project_report UR - http://eprints.uny.ac.id/44935/ ER -