eprintid: 44891 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/48/91 datestamp: 2016-12-20 01:27:33 lastmod: 2019-10-01 11:36:34 status_changed: 2016-12-20 01:27:33 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Irza Aji Ramadhana, Irza Aji Ramadhana title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 DEPOK ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, SMK Negeri 1 Depok abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 18 juli – 15 September 2016 merupakan sarana bagi mahasiswa untuk meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016 ini adalah di SMK Negeri 1 Depok. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 10 mahasiswa, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 4 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2 Program Studi Pendidikan Akutansi, dan 2 Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pelaksanaan PPL di SMK Negeri 1 Depok dilakukan mulai tanggal 18 juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 dimulai dengan kegiatan observasi yaitu mengamati kondisi yang ada, setelahnya mahasiswa merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama masa PPL. Dalam praktik mengajar, mahasiswa melakukan 4 kali praktik mengajar terbimbing, 4 kali praktik mengajar non terbimbing dalam jangka waktu 2 bulan. Sedangkan dalam kegiatan OSIS, mahasiswa melakukan 3 kali pendampingan. Secara umum, program dan kegiatan PPL yang telah dilakukan berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya tetap ditemui beberapa hambatan dan dengan bantuan dari berbagai pihak terutama dukungan dan bantuan guru pembimbing semua hambatan tersebut dapat teratasi dengan baik. Melalui pelaksanaan PPL tersebut mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam hal pembelajaran di sekolah dan pengelolaan sekolah yang dapat bermanfaat kelak ketika menjadi tenaga pendidik yang baik dan profesional. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Irza Aji Ramadhana, Irza Aji Ramadhana (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/44891/1/Irza%20Aji%20Ramadhana_13601241015_PJKR.pdf