TY - RPRT Y1 - 2016/// N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun nonformal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016 di SD Negeri Demakijo 1 akan lebih menguntungkan semua pihak, bagi sekolah, perguruan tinggi, dan mahasiswa. Kegiatan atau program PPL penunjang pembelajaran yang dilaksanakan antara lain meliputi membuat media pembelajaran, dan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. dalam pembuatan rencana pembelajaran, masing-masing mahasiswa didampingi oleh satu guru pembimbing. Kegiatan praktik pembelajaran dilaksanakan selama enam kali tatap muka, dengan rincian empat kali mengajar terbimbing dan dua kali ujian mengajar untuk kelas rendah dan kelas tinggi. Dalam kegiatan PPL di SD Negeri Demakijo 1, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas II A, kelas II B, kelas III A, kelas III B , kelas kelas V A dan kelas V B. Kegiatan mengajar ini diselenggarakan mulai minggu ke II ? minggu VIII. Selain mengajar, terdapat beberapa proker tambahan antara lain a) orientasi siswa baru, b) pelaksanaan idul adha, c) pembuatan kotak infak, d) pembuatan mading, e) penataan perpustakaan, f) penataan UKS, g) Penamaan ruang kelas, h) pembuatan poster sekolah, i) rapat rutin PPL, j) perpisahan PPL. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. A1 - Aminatul Khusna, Aminatul Khusna PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta AV - public TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) DI SD NEGERI DEMAKIJO 1 PERIODE 15 JULI s.d. 15 SEPTEMBER 2016 KW - PPL KW - SD N Demakijo 1 KW - Program PPL M1 - project_report ID - UNY44864 UR - http://eprints.uny.ac.id/44864/ ER -