TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/44840/ ID - UNY44840 M1 - skripsi TI - UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD KRAPYAK WETAN AV - restricted A1 - Erianto, Ujang PB - PGSD Y1 - 2016/12/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Krapyak Wetan dengan menggunakan Media Gambar dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) berkolaborasi dengan guru kelas IV SD Krapyak Wetan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Krapyak Wetan yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Objek penelitian adalah minat belajar siswa kelas IV SD Krapyak Wetan dengan menggunakan Media Gambar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Observasi digunakan untuk mengetahui data tentang minat belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif persentase pada minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar siswa meningkat dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPA kelas IV SD Krapyak Wetan. Dari hasil analisis dalam penelitian ini dapat dinyatakan minat belajar siswa pada kondisi awal berdasarkan hasil observasi adalah 50%. Setelah diberikan tindakan siklus I minat belajar siswa meningkat menjadi 65,5%. Dalam siklus I ini, sebagian besar siswa masih memiliki minat belajar rendah. Dari siklus I ini kriteria ketuntasannya masih kurang, kriteria ketuntasan adalah 75%. Maka dari itu dilanjutkan siklus selanjutnya, pada siklus II ini minat belajar siswa meningkat 85,5%. Siklus II ini sebagian besar minat belajar siswa tinggi. Hasil siklus II kriteria ketuntasan tercapai sehingga tidak dilakukan siklus selanjutnya. Dari hasil data penelitian siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPA di SD Krapyak Wetan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Kata kunci: minat belajar siswa, Media Gambar ER -