@phdthesis{UNY44827, month = {December}, title = {PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 5 SD N AMBARTAWANG, MUNGKID, MAGELANG}, author = {Muhamad Faishal Hilmy Arkan}, school = {PGSD}, year = {2016}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan penerapan cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas 5. Penelitian dilakukan di SD N Ambartawang, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas, dengan subyek penelitian siswa kelas 5 SD N Ambartawang yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Penelitian iini meggunakan model Kemmis \& Mc Tagart. Tahapan penelitian yaitu perencanaan,tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian dilakukan dua siklus, setiap siklus dua pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan desriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa setelah menerapkan cooperative learning tipe student team achievement division (STAD) dalam mengajar IPS. Pada pratindakan, persentase ketuntasan siswa yaitu \%, meningkat pada siklus I menjadi 79,17\%, sedangkan siswa yang belum tuntas 20,83\% (rendah). Pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 91,67\% sedangkan siswa yang belum tuntas 8,33\% (sangat rendah). Begitu pula dengan hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 75\% (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 89.58\% (baik sekali). Kata kunci : prestasi belajar, IPS, cooperative learning tipe student team achievement division (STAD).}, url = {http://eprints.uny.ac.id/44827/} }