<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Keefektifan Kuis Cerdas Tangkas dan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia dengan Materi Sastra Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul."^^ . "Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan penggunaan teknik kuis cerdas tangkas dibandingkan dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan, menganalisis keefektifan penggunaan teknik kuis Teka-teki Silang dibandingkan dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan, dan menguji mana yang lebih efektif penggunaannya antara teknik kuis cerdas tangkas dan kuis teka-teki silang dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitianp Pretest–posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan yang berjumlah 139 siswa. Adapun sampel diambil dengan menggunakan teknik penyampelan simple cluster random sampling. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan analisis Kruskal-Wallis Test yang dilanjutkan dengan Uji Scheffe.\r\nHasil analisis data menunjukkan: (1) Kuis cerdas tangkas tidak lebih efektif dibanding dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai p yaitu sebesar 0,083 lebih besar dari 0,05 (p>0,05), (2) Kuis teka teki silang lebih efektif dibanding dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai p yaitu sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (p<0,05), dan (3) Kuis teka teki silang lebih efektif dibanding dengan teknik kuis cerdas tangkas dan konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan mean rank post test pada NPar Test Kruskal-Wallis Test dapat dilihat bahwa teknik kuis teka teki silang lebih efektif dibandingkan dengan teknik kuis cerdas tangkas dan konvensional yaitu sebesar 55,54>43,43>31,31."^^ . "2016-11-30" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Taufiq Aris"^^ . "Wardoyo"^^ . "Taufiq Aris Wardoyo"^^ . . . . . . "Keefektifan Kuis Cerdas Tangkas dan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia dengan Materi Sastra Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul. (Text)"^^ . . . "Keefektifan Kuis Cerdas Tangkas dan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia dengan Materi Sastra Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul. (Other)"^^ . . . . . . "Keefektifan Kuis Cerdas Tangkas dan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia dengan Materi Sastra Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul. (Other)"^^ . . . . . . "Keefektifan Kuis Cerdas Tangkas dan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia dengan Materi Sastra Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul. (Other)"^^ . . . . . . "Keefektifan Kuis Cerdas Tangkas dan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia dengan Materi Sastra Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul. (Other)"^^ . . . . . . "Keefektifan Kuis Cerdas Tangkas dan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia dengan Materi Sastra Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul. (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #44826 \n\nKeefektifan Kuis Cerdas Tangkas dan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia dengan Materi Sastra Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul.\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa dan Sastra Indonesia"@en . .