%0 Thesis %9 S2 %A Wardoyo, Taufiq Aris %B Program Pascasarjana %D 2016 %F UNY:44826 %I UNY %K keterampilan membaca, cerdas tangkas, teka-teki silang %T Keefektifan Kuis Cerdas Tangkas dan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia dengan Materi Sastra Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul. %U http://eprints.uny.ac.id/44826/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan penggunaan teknik kuis cerdas tangkas dibandingkan dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan, menganalisis keefektifan penggunaan teknik kuis Teka-teki Silang dibandingkan dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan, dan menguji mana yang lebih efektif penggunaannya antara teknik kuis cerdas tangkas dan kuis teka-teki silang dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitianp Pretest–posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan yang berjumlah 139 siswa. Adapun sampel diambil dengan menggunakan teknik penyampelan simple cluster random sampling. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan analisis Kruskal-Wallis Test yang dilanjutkan dengan Uji Scheffe. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Kuis cerdas tangkas tidak lebih efektif dibanding dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai p yaitu sebesar 0,083 lebih besar dari 0,05 (p>0,05), (2) Kuis teka teki silang lebih efektif dibanding dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai p yaitu sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (p<0,05), dan (3) Kuis teka teki silang lebih efektif dibanding dengan teknik kuis cerdas tangkas dan konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan mean rank post test pada NPar Test Kruskal-Wallis Test dapat dilihat bahwa teknik kuis teka teki silang lebih efektif dibandingkan dengan teknik kuis cerdas tangkas dan konvensional yaitu sebesar 55,54>43,43>31,31.