@phdthesis{UNY44826, year = {2016}, month = {November}, author = {Taufiq Aris Wardoyo}, title = {Keefektifan Kuis Cerdas Tangkas dan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia dengan Materi Sastra Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul.}, school = {UNY}, keywords = {keterampilan membaca, cerdas tangkas, teka-teki silang}, url = {http://eprints.uny.ac.id/44826/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan penggunaan teknik kuis cerdas tangkas dibandingkan dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan, menganalisis keefektifan penggunaan teknik kuis Teka-teki Silang dibandingkan dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan, dan menguji mana yang lebih efektif penggunaannya antara teknik kuis cerdas tangkas dan kuis teka-teki silang dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitianp Pretest?posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan yang berjumlah 139 siswa. Adapun sampel diambil dengan menggunakan teknik penyampelan simple cluster random sampling. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan analisis Kruskal-Wallis Test yang dilanjutkan dengan Uji Scheffe. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Kuis cerdas tangkas tidak lebih efektif dibanding dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai p yaitu sebesar 0,083 lebih besar dari 0,05 (p{\ensuremath{>}}0,05), (2) Kuis teka teki silang lebih efektif dibanding dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai p yaitu sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (p{\ensuremath{<}}0,05), dan (3) Kuis teka teki silang lebih efektif dibanding dengan teknik kuis cerdas tangkas dan konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan mean rank post test pada NPar Test Kruskal-Wallis Test dapat dilihat bahwa teknik kuis teka teki silang lebih efektif dibandingkan dengan teknik kuis cerdas tangkas dan konvensional yaitu sebesar 55,54{\ensuremath{>}}43,43{\ensuremath{>}}31,31.} }