%A Kernius Anggat %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan proses pembelajaran pada pada siswa kelas II B SDN Tukangan dengan menggunakan media cerita bergambar, 2) meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas II B dengan menggunakan media cerita bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Tukangan Yogyakarta yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Desain penelitian ini mengacu pada penelititian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi: 1) perencanaan, 2) tindakan, observasi, dan 4) refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam dua silkus. Metode pengumpulan data ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media cerita bergambar dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas II B SD Negeri Tukangan. Hal ini ditunjukkan dengan keaktivan siswa dalam memperhatikan saat guru menerangkan materi pembelajaran, siswa aktif bertanya, siswa berani berani mengemukakan pendapat dan berani menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Peningkatan hasil membaca pemahaman siswa pada siklus I pertemuan I dengan jumlah siswa yang tuntas 8 siswa (33,33%) dengan rata-rata 67,08 dan pertemuan ke II dengan jumlah siswa yang tuntas 11 siswa (45,83%) dengan rata-rata 68,75 dan meningkat pada siklus II pertemuan I dengan jumlah siswa yang tuntas 18 siswa (75,00%) dengan rata-rata 75,00 dan pertemuan ke II dengan jumlah siswa yang tuntas 23 siswa (95,83%) dengan rata-rata 83,33. Kata Kunci: Media Cerita Bergambar, keterampilan membaca pemahaman %L UNY44792 %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS II B SDN TUKANGAN YOGYAKARTA %I PGSD %D 2016