%0 Thesis %9 S1 %A Etimar, Etimar %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:44782 %I PGSD %T PENGARUH VARIASI MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/44782/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh variasi media video terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV sekolah dasar negeri golo 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan variabel terikat minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Penegetahuan Alam kelas IV SD Negeri Golo, dan variabel bebasnya adalah variasi media video. desain penelitiannya yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Golo, yang berjumlah 49 siswa, dan terdiri dari dua kelas. kelas IVA 26 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IVB 26 siswa sebagai kelas eksperimen. Intrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket minat belajar dan observasi. Teknik analisis data terdiri atas 3 tahap yaitu tahap deskripsi data, tahap uji persyaratan analisis, dan hipotesis. Tahap deskripsi data meliputi distribusi data tingkat minat belajar siswa. Tahap prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas. Sedangkan uji tahap hipotesis meliputi uji t, yaitu dengan melihat perbedaan hasil minat belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada taraf signifikasi 5% (alpha=0,05). Hasil penelitian ini adalah: pembelajaran dengan variasi media video berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Golo tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dilihat dengan adanya perbedaan hasil post test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai sig 7,52 < 0,05, yang artinya ada perbedaan yang hasil signifikasi hasil post test antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Kata kunci: Variasi Media Video, Minat Belajar.