@phdthesis{UNY44778, year = {2016}, author = {Dian Yuliani}, month = {December}, school = {PGSD}, title = {PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI KOTAGEDE 5 YOGYAKARTA}, url = {http://eprints.uny.ac.id/44778/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi peta konsep dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Kotagede 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kotagede 5 Yogyakarta yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal tes dan lembar observasi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini diuji validitasnya melalui validitas internal oleh dosen pembimbing. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas visual serta aktivitas mendengarkan pada saat proses pembelajaran IPS di kelas V sudah baik. Siswa bekerjasama membuat peta konsep secara berkelompok maupun berpasangan dengan cukup baik. Siswa juga berani mempresentasikan hasil peta konsep kelompoknya di depan kelas. Dari hasil evaluasi, diketahui bahwa peta konsep yang dibuat oleh siswa sesuai dengan materi yang telah diajarkan. Siswa dapat mengingat dengan baik dan juga memahami apa yang telah mereka pelajari, hal tersebut terlihat dari antusias siswa ketika menjawab pertanyaan dari guru tentang materi sebelumnya dan juga hasil tes soal evaluasi menunjukkan peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai KKM pada setiap siklusnya. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, strategi peta konsep} }