%L UNY44777 %A Dhian Rahmaningrum %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam melaksanakan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD 1 Pedes. Fokus penelitian ini adalah 3 program pokok UKS di SD 1 Pedes. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SD 1 Pedes. Adapun objek penelitian ini adalah peran guru kelas dalam menjalankan program UKS. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles & Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menjaga kesehatan siswa melalui program UKS di SD 1 Pedes dapat dilihat dari 3 program UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan lingkungan sekolah sehat. Pendidikan kesehatan dilakukan sekolah secara kurikuler dan ekstrakurikuler. Bagi guru kelas, pendidikan kesehatan diberikan secara terintegrasi dengan mata pelajaran lain. Guru membuat perencanaan pembelajaran dan dibantu dengan buku referensi pendidikan kesehatan, guru juga turut membantu melakukan kemitraan dengan instansi terkait. Pelayanan kesehatan dilakukan dengan cara guru membantu pelaksanaan imunisasi, guru melakukan penyuluhan kesehatan, pencatatan dan pemeriksaan tinggi dan berat badan, guru membantu melakukan pengawasan terhadap kantin sekolah, dan guru memantau tingkat kesehatan jasmani siswa. Guru berperan dalam pembinaan lingkungan sekolah sehat seperti mengajak siswa melakukan penghijauan, menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah. Kata kunci: peran guru, kesehatan siswa, program UKS. %T PERAN GURU KELAS DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM UKS DI SD 1 PEDES SEDAYU BANTUL YOGYAKARYA %I PGSD %D 2016