@phdthesis{UNY44744, title = {Pengaruh Penggunaan Kit IPA terhadap Prestasi Belajar, Minat, dan Keterampilan Proses Dasar IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Siklus Belajar Karplus (SBK) dan Demonstrasi Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Babarsari}, author = {Haifaturrahmah Haifaturrahmah}, month = {August}, year = {2010}, school = {UNY}, keywords = {Kit IPA, prestasi belajar, minat, keterampilan proses dasar IPA, Siklus Belajar Karplus, demonstrasi}, url = {http://eprints.uny.ac.id/44744/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Kit IPA terhadap prestasi belajar IPA, minat siswa terhadap IPA, dan keterampilan proses dasar IPA melalui penerapan strategi pembelajaran Siklus Belajar Karplus (SBK) dan demonstrasi pada siswa kelas V SD Negeri Babarsari. Variabel-variabel yang diteliti meliputi: penggunaan Kit IPA melalui SBK dan demonstrasi, prestasi belajar IPA, minat siswa terhadap IPA, dan keterampilan proses dasar IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Subyek penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri Babarsari sebanyak 61 orang siswa. Pemilihan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan secara Random. Pada kelompok eksperimen diberi perlakuan penggunaan Kit IPA melalui pembelajaran Siklus Belajar Karplus (SBK) dan pada kelompok kontrol, penggunaan Kit IPA melalui pembelajaran yang sedang berlangsung yaitu demonstrasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) tes untuk mengukur prestasi belajar IPA, (2) pedoman observasi untuk mengamati penguasaan keterampilan proses dasar IPA, dan (3) skala minat untuk mengukur minat siswa terhadap IPA. Analisis data menggunakan (a) teknik statistik deskriptif untuk mendeskripsikan prestasi belajar IPA, minat siswa terhadap IPA, dan penguasaan keterampilan proses dasar IPA dengan penggunaan Kit IPA melalui penerapan SBK dan demonstrasi; dan (b) statistik inferensial dengan menggunakan Anacova untuk menguji hipotesis penelitian pada taraf signifikansi 5 \% ({\ensuremath{\alpha}} = 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunan Kit IPA melalui penerapan SBK memberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan penggunaan Kit IPA melalui demonstrasi terhadap prestasi belajar IPA, minat siswa terhadap IPA dan keterampilan proses dasar IPA. Penggunan Kit IPA melalui penerapan SBK berpengaruh pada prestasi belajar IPA dengan nilai Fhitung = 60,289; pada minat siswa terhadap IPA dengan nilai Fhitung = 29,501; dan pada keterampilan proses dasar IPA dengan nilai Fhitung = 94,992.} }