@phdthesis{UNY44714, month = {December}, title = {PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KKPI INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH DENGAN PENDEKATAN CTL (Contextual Teaching and Learning) DI KELAS X MULTIMEDIA SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN}, author = {Said Gunadi}, school = {UNY}, year = {2016}, url = {http://eprints.uny.ac.id/44714/}, abstract = {Pada mata pelajaran KKPI (Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi) di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam materi Mengoperasikan PC stand alone, Mengoperasikan sistem operasi software dan belum tersediannya media interaktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran interaktif yang dapat membantu dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran KKPI berbasis Adobe Flash dengan pendekatan CTL, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran KKPI berbasis Adobe Flash dengan pendekatan CTL. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research dan Development). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Luther. Model pengembangan Luther terdiri dari 6 tahap yaitu: (1) pengonsepan (concept), (2) perancangan (design), (3) pengumpulan bahan (material collecting), (4) pembuatan (assembly), (5) pengujian (testing), (6) pendistribusian (distribution). Pengujian dilakukan dengan dua tahap pengujian yaitu pengujian alpha dan pengujian beta. Hasil penelitian ini adalah: (1) menghasilkan media pembelajaran KKPI berbasis Adobe Flash, (2) tingkat kelayakan media pembelajaran dari ahli materi sebesar 90\% dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 87\% dengan kategori sangat layak, dan penelitian siswa terhadap media pembelajaran sebesar 86\% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran KKPI yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai referensi bahan ajar dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Media Pembelajaran, KKPI dengan pendekatan CTL, kelayakan.} }