%L UNY44667 %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan apakah model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS (Two Stay – Two Stray) efektif ditinjau dari keaktifan dan kemampuan komunikasi matematis siswa; 2) mendeskripsikan apakah model pembelajaran konvensional efektif ditinjau dari keaktifan dan kemampuan komunikasi matematis siswa; 3) mendeskripsikan apakah model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS (Two Stay – Two Stray) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari keaktifan dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research), sedangkan desain penelitiannya menggunakan pretest-posttest nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Depok Sleman tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas. Dari 4 kelas tersebut dipilih 2 kelas secara acak, terpilih kelas IX A sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran model kooperatif tipe TS-TS (Two Stay – Two Stray) dan kelas IX B sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran model konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket keaktifan siswa dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa berupa pretest dan posttest berbentuk essay serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Validitas instrumen menggunakan validitas isi (expert judgment) dan reliabilitas instrumen diuji dengan rumus Alpha Cronbach’s. Berdasarkan uji hipotesis penelitian menggunakan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa: 1) pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif tipe TS-TS (Two Stay – Two Stray) efektif ditinjau dari keaktifan dan kemampuan komunikasi matematis siswa; 2) pembelajaran matematika menggunakan model konvensional efektif ditinjau dari keaktifan dan kemampuan komunikasi matematis siswa; 3) pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif tipe TS-TS (Two Stay – Two Stray) sama efektifnya dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari keaktifan siswa, namun lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: TS-TS, keaktifan siswa, kemampuan komunikasi matematis siswa %A Alex Boy Triantony Silalahi %A H.S Rusgianto %D 2016 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TS-TS (TWO STAY – TWO STRAY) DITINJAU DARI KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 DEPOK SLEMAN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2016/2017 %I UNY