%L UNY44644 %I PGSD %T UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET DI KELAS III A SD NEGERI GEDONGKIWO %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III A SD Negeri Gedongkiwi pada pokok bahasan pecahan sederhana dengan menggunakan media benda konkret. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Gedongkiwo pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian yakni siswa kelas III A yang terdiri dari 30 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar materi pecahan. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi yang telah divalidasi oleh dosen ahli. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah dengan analisa kualitatif dan analisa deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III A SD Negeri Gedongkiwo. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai ratarata siswa sebesar 29,87 (data awal sebesar 63,52, siklus I sebesar 89,6, siklus II sebesar 93,39), dan meningkatnya kriteria ketuntasan minilal siswa (KKM) sebesar 51,85% (data awal sebanyak 48,15%, siklus I sebanyak 96,15%, siklus II 100%). Kata kunci: hasil belajar matematika, materi pecahan, media benda konkret, siswa SD %D 2016 %A Dwi Saputra