TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/44599/ AV - public TI - RAGAM PERTANYAAN SISWA MAN YOGYAKARTA III KELAS X DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN PERBEDAAN POKOK BAHASAN ID - UNY44599 M1 - skripsi EP - 122 A1 - Fathianihayati, Asri PB - UNY N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ragam pertanyaan siswa MAN Yogyakarta III kelas X dalam pembelajaran biologi dan untuk mengetahui keterkaitan antara ragam pertanyaan dengan pokok bahasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode observasi. Penelitian dilaksanakan di MAN Yogyakarta III. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA MAN Yogyakarta III tahun ajaran 2015-2016. Sampel pada penelitian ini berjumlah 58 siswa yang terdiri dari kelas X MIA 1 dan X MIA 2 yang dipilih secara random. Instrumen yang digunakan berupa lembar obserbasi, lembar analisis ragam pertanyaan kognitif, dan alat perekam video. Teknik analisis data dilakukan secara deksriptif dengan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi kemudian diinterpretasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ragam pertanyaan kognitif yang muncul dalam pembelajaran biologi yaitu C1 (40,7 %), C2 (38,5%), C3 (6,6%), C4 (13,2%) dan C5 (1%). Ragam pertanyaan pada setiap pokok bahasan berbeda karena setiap pokok bahasan memiliki karakteristik yang berbeda sehingga metode dan serangkaian kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan juga berbeda. Ragam pertanyaan kognitif yang muncul pada pokok bahasan ekosistem yaitu C1 (29.2%), C2 (44%), C3 (6,3%), C4 (18,8%) dan C5 (2,1%). Ragam pertanyaan kognitif yang muncul pada pokok bahasan daur ulang limbah yaitu C1 (64.7%), C2 (11.8%), C3 (17.6%), dan C4 (5.9%). Ragam pertanyaan kognitif yang muncul pada pokok bahasan Animalia yaitu C1 (54.5%), C2 (36.4%), dan C4 (9.1%). Kata kunci: ragam pertanyaan, pembelajaran biologi, pokok bahasan Y1 - 2016/08/24/ ER -