TY - THES PB - UNY Y1 - 2015/// TI - PENGEMBANGAN M ULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA DI SMK NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA A1 - Menur, Sari UR - http://eprints.uny.ac.id/44598/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengembangan multimedia pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran desain busana di SMK N 1 Depok Yogyakarta , 2) Tingkat kelayakan multimedia pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran desain busana di SMK N 1 Depok Yogyakarta . Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D ( Research and Deveplopment / penelitian dan pengembangan). Penelitian ini menggunakan model pengembangan menurut Borg and Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitja k nov. Tahap - tahapan dalam penelitian ini yaitu : 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan , 2) mengembangkan produk awal, 3) Va lidasi ahli dan revisi, 4) uji coba skala kec il dan revisi produk , dan 5) uji coba skala besar dan produk akhir. Penelitian ini melibatkan 2 ahli materi dan 2 ahli media dalam me m vali dasi tingkat kelayakan m edia . 5 siswa dipilih dengan purposive sampling sebagai sampel uji coba skala kecil. 27 siswa dipilih sebag ai sampel uji coba skala besar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi da n wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif . Hasil peneliti an ini yaitu : 1) Produk multimedia pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran desain busana di SMK N 1 Depok Yogyakarta . 2) M ultimedia pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran desain busana , yang telah Layak menurut ahli media dan ahli materi sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar, tingkat kelayakan multimedia pembelajaran berbasis web menurut siswa, ter golong pada kategori l ayak sehingg a Multimedia pembelajaran berbasis web baik digunakan sebagai media pem belajar an dalam proses pembelajaran k elas XI di SMK. Kata kunci: Multimedia, Web , Desain Busana ID - UNY44598 M1 - skripsi AV - public ER -