TY - THES A1 - Silalahi, Lucky Astria PB - PGSD Y1 - 2016/12/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan budi pekerti di Sekolah Dasar Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa. Aspek yang diamati dalam implementasi pendidikan budi pekerti ini adalah strategi pengembangan pendidikan budi pekerti, metode pendidikan budi pekerti dan penanaman nilai-nilai budi pekerti. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pamong dan peserta didik tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai budi pekerti yang dikembangkan melalui implementasi pendidikan budi pekerti di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa antara lain religius, sosial, sopan santun, kesetaraan gender, keadilan, demokrasi, kejujuran, kemandirian, daya juang, sportifitas, tanggungjawab, kerjasama, dan penghargaan terhadap lingkungan. Semua nilai tersebut diintegrasikan melalui strategi pengembangan pendidikan budi pekerti seperti keteladanan atau contoh, kegiatan spontan, teguran, pengkondisian lingkungan dan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh semua pihak baik kepala sekolah, pamong maupun peserta didik setiap harinya dengan menggunakan metode pendidikan budi pekerti seperti metode among, metode ngerti, metode ngrasa, dan metode nglakoni yang dilaksanakan sesuai dengan ajaran Ki Hadjar Dewantara. Kata kunci: pendidikan budi pekerti, sekolah dasar. UR - http://eprints.uny.ac.id/44586/ TI - IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH DASAR TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA AV - restricted ID - UNY44586 M1 - skripsi ER -