TY - THES A1 - Lingga Jati, Nurogo PB - Fakultas Teknik N2 - Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik permesinan bubut di kelas XI TPA Jurusan Teknik Mesin SMK Muhammadiyah Prambanan setelah mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TPA SMK Muhammadiyah Prambanan tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan penilaian pelaksanaan (project based learning) berupa hasil praktik. Analisis data penelitian dilakukan melalui analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat Teknik Permesinan Bubut melalui implementasi pembelajaran berbasis proyek. Pada Siklus I, hasil belajar meningkat dari rata-rata 7,76 menjadi rata-rata sebesar 8,67 dengan ketuntasan 66,67% menjadi 81,48%. Pada siklus II, hasil belajar kembali mengalami peningkatan rata-rata dari 8,67 menjadi rata-rata sebesar 9,19 dengan ketuntasan 81,48% menjadi 100%. Penerapan metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Teknik permesinan bubut di kelas XI TPA SMK Muhammadiyah Prambanan?. Kata Kunci: pembelajaran berbasis proyek, project based learning), hasil belajar Y1 - 2015/// UR - http://eprints.uny.ac.id/44543/ ID - UNY44543 M1 - skripsi TI - Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Mata Pelajaran Teknik Permesinan Bubut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah Prambanan AV - public ER -