@phdthesis{UNY44539, year = {2016}, school = {Fakultas Teknik}, title = {ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA PELAJARAN PEMELIHARAAN CHASSIS PEMINDAH TENAGA KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN}, author = {Nugroho Dhani}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa; (2) Penyebab kesulitan belajar ditinjau dari faktor; siswa, guru, fasilitas, lingkungan, materi pelajaran; dan (3) Besarnya penyebab kesulitan belajar pada faktor; siswa, guru, fasilitas, lingkungan dan materi pelajaran PCPTKR siswa kelas XII Jurusan TKR di SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survei. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Prambanan pada semester gasal tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah 103 siswa yang diambil dari populasi siswa kelas XII TKR yang berjumlah 131 siswa. Besarnya sampel ditentukan dengan menggunakan tabel Krecjie yang mempunyai taraf kepecayaan 95\%. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proportional sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa yaitu faktor itern dan faktor ekstern; (2) Kesulitan belajar yang ditinjau dari: (a) Faktor siswa yaitu: kondisi fisik, pemahaman materi, sikap siswa, kondisi emosional; (b) Faktor guru: metode mengajar, sikap guru, pemberian tugas; (c) Faktor fasilitas: kondisi ruang kelas, perlengkapan praktik, buku pelajaran; (d) Faktor lingkungan: kondisi keluarga, masyarakat, sekolah; (e) Faktor materi pelajaran: kapasitas materi pelajaran, materi sistem kopling, sistem transmisi, sistem final drive, sistem poros penggerak roda, sistem rem, sistem kemudi; (3) Besarnya penyebab kesulitan belajar yaitu: (a) Faktor siswa menyebabkan kesulitan belajar sebesar 19,12\% dengan indikator: kondisi fisik 23,90\%, pemahaman terhadap materi 26,99\%, sikap siswa 23,25\%, kondisi emosional 25,86\%; (b) Faktor guru menyebabkan kesulitan belajar sebesar 20,56\% dengan indikator: metode mengajar 30,43\%, sikap guru 29,03\%, pemberian tugas 40,53\%; (c) Faktor fasilitas menyebabkan kesulitan belajar sebesar 21,64\% dengan indikator: kondisi ruang kelas 35,92\%, perlengkapan praktik 32,14\%, buku pelajaran 31,93\%; (d) Faktor lingkungan menyebabkan kesulitan belajar sebesar 17,98\% dengan indikator: kondisi keluarga 29,04\%, kondisi masyarakat 35,40\%, kondisi sekolah 35,56\%; (e) Faktor materi pelajaran menyebabkan kesulitan belajar sebesar 20,70\% dengan indikator: kapasitas materi pelajaran 13,67\%, materi sistem kopling 14,21\%, materi sistem transmisi 15,85\%, materi sistem final drive 15,60\%, materi sistem rem 12,19\%, materi sistem poros penggerak roda 14,90\% dan materi sistem kemudi 13,58\%. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, PCPTKR, Teknik Kendaraan Ringan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/44539/} }