%K model pembelajaran inquiry, prestasi belajar %A Anselmus Mema %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap prestasi belajar IPS pada siswa SD pada tema mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan variabel terikat prestasi belajar IPS SD dan variabel bebasnya adalah model inquiry dan model konvensional. Desain penelitiannya yaitu desain kelompok kontrol nonekuivalen. Subjek penelitian sebanyak 58 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes prestasi belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kovarian dengan skor pre-test sebagai kovariat pada taraf signifikansi 5 % (α = 0.05). Hasil penelitian ini adalah; model pembelajaran inquiry berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar IPS pada siswa SD, hasil analisis kovarian menunjukkan bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05. %L UNY44513 %T Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar IPS pada Siswa SD %D 2010 %I UNY