%0 Thesis %9 S1 %A Delani, Ruth %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:44506 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO “SOLUSI PINTAR JELAS DAN MUDAH” (SPLASH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VII DI MTsLB YAKETUNIS YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/44506/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media audio SPLASH terhadap hasil belajar IPA pada siswa tunanetra kelas VII di MTsLB Yaketunis Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII C di MTsLB Yaketunis Yogyakarta yang berjumlah 4 orang. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes hasil belajar, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu statistik parametrik dengan uji rerata. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio SPLASH efektif terhadap hasil belajar IPA pada siswa tunanetra kelas VII di MTsLB Yaketunis. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor pre-test adalah 65 dan rata-rata skor post-test adalah 82,5 sehingga dapat dilihat terjadi peningkatan setelah menggunakan media audio SPLASH sebesar 17,5.