<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK PEMESINAN FRAIS CNC\r\nTIPE FOCUS ESEMKA VMC-L540 SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI\r\nSISWA KELAS XII DI SMK N 3 YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kelayakan modul yang\r\nditerapkan di kelas XII SMK N 3 Yogyakarta; (2) Mengetahui peningkatan\r\nprestasi belajar sesudah menggunakan modul pada proses belajar mandiri teknik\r\npemesinan frais CNC digunakan oleh siswa kelas XII SMK N 3 Yogyakarta.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tahapan;\r\n(1) Perencanaan menulis modul dengan tahapan; (a) Informasi data siswa,\r\n(b) Menentukan tujuan pembelajaran, (c) Menentukan isi materi pembelajaran,\r\n(d) Menentukan media, (e) Menentukan strategi pembelajaran.\r\n(2) Pengembangan modul dengan tahapan; (a) Define (Analisis) (b) Design\r\n(Perancangan), (c) Develope (Pengembangan), (d) Testing (Pengujian);\r\n(3) Finalisasi; (4) Review; (5) Test. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII\r\nProgram Keahlian Teknik Pemesinan. Sampel penelitian uji coba terbatas\r\nsebanyak 10 siswa dengan perwakilan 5 siswa XII TP 1 dan perwakilan 5 siswa\r\nXII TP 2. Data yang digunakan sebanyak 64 siswa yang terdiri dari kelas XII TP 1\r\ndan XII TP 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.\r\nHasil penelitian ini adalah : (1) Berdasarkan hasil uji kelayakan media\r\npembelajaran modul teknik pemesinan frais CNC yang dilakukan oleh beberapa\r\nahli didapat : Nilai skor total ahli materi = 4,167, Nilai skor total guru = 3,963,\r\nNilai skor total ahli media = 4,206, Nilai skor total ahli soal = 4,167, Nilai skor\r\ntotal uji coba skala kecil = 4,084, Nilai skor total uji coba skala luas = 3,974,\r\nTotal hasil rata-rata = 4,102. Konversi nilai data kuantitatif ke data kualitatif\r\nkategori = BAIK. (2) Berdasarkan peningkatan prestasi belajar sesudah\r\nmenggunakan modul didapat nilai : Rata-rata nilai pretest XII TP 1 (Kelas\r\nEksperimen) = 70,00. Rata-rata nilai postest = 77,63. Rata-rata nilai pretest XII\r\nTP 2 (Kelas Kontrol) = 70,03. Rata-rata nilai postest = 74,50. N-Gain diperoleh\r\nnilai “0,4” (Kelas Eksperimen) dan 0,2 (Kelas Kontrol). Sehingga peningkatan\r\nhasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan CNC Frais setelah\r\nmenggunakan modul termasuk kategori SEDANG untuk Kelas XII TP 1 (Kelas\r\nEksperimen).\r\nKata Kunci: Modul, Teknik Pemesinan Frais CNC, Belajar Mandiri"^^ . "2016-12-09" . . . "Fakultas Teknik"^^ . . . "Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik"^^ . . . . . . . . . "Yulistyono"^^ . "Erric"^^ . "Yulistyono Erric"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK PEMESINAN FRAIS CNC\r\nTIPE FOCUS ESEMKA VMC-L540 SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI\r\nSISWA KELAS XII DI SMK N 3 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "92 Erric Yulistyono.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK PEMESINAN FRAIS CNC\r\nTIPE FOCUS ESEMKA VMC-L540 SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI\r\nSISWA KELAS XII DI SMK N 3 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK PEMESINAN FRAIS CNC\r\nTIPE FOCUS ESEMKA VMC-L540 SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI\r\nSISWA KELAS XII DI SMK N 3 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK PEMESINAN FRAIS CNC\r\nTIPE FOCUS ESEMKA VMC-L540 SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI\r\nSISWA KELAS XII DI SMK N 3 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK PEMESINAN FRAIS CNC\r\nTIPE FOCUS ESEMKA VMC-L540 SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI\r\nSISWA KELAS XII DI SMK N 3 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK PEMESINAN FRAIS CNC\r\nTIPE FOCUS ESEMKA VMC-L540 SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI\r\nSISWA KELAS XII DI SMK N 3 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #44498 \n\nPENGEMBANGAN MODUL TEKNIK PEMESINAN FRAIS CNC \nTIPE FOCUS ESEMKA VMC-L540 SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI \nSISWA KELAS XII DI SMK N 3 YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Mesin"@en . .