%0 Thesis %9 S1 %A Ramadhani, Dicky M. %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:44490 %I PGSD %T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WADASLINTANG WONOSOBO %U http://eprints.uny.ac.id/44490/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wadaslintang Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Taggart. Pada model ini setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Wadaslintang yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian adalah prestasi belajar IPS. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif . Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan pembelajaran dengan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wadaslintang. Nilai Kriteria Ketuntasan Miniman (KKM) adalah ≥ 70. Pada pratindakan sebanyak 8 (28,57%) siswa sudah tuntas dan 20 (71,43%) siswa belum tuntas. Siklus I sebanyak 20 (71,43%) siswa sudah tuntas dan 8 (28,53%) siswa belum tuntas. Siklus II sebanyak 23 siswa (82,14%) sudah tuntas dan 5 (17,86%) siswa belum tuntas. Observasi pada saat pelaksanaan tindakan, proses pembelajaran IPS terlihat siswa lebih fokus mengikuti pelajaran dan memperhatikan penjelasan guru, serta siswa menunjukan antusias yang tinggi ketika dijelaskan dengan media audio visual. Kata Kunci: prestasi belajar IPS, media audio visual