TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/44473/ M1 - skripsi ID - UNY44473 KW - MENULIS GEGURITAN KW - TEKNIK KATA BERANTAI KW - SMP NEGERI 3 SLEMAN AV - public TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS GEGURITAN DENGAN TEKNIK KATA BERANTAI PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 3 SLEMAN A1 - Rahmawati, Mahfirotun PB - FBS UNY Y1 - 2013/01/14/ N2 - PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS GEGURITAN DENGAN TEKNIK KATA BERANTAI PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 3 SLEMAN Oleh Mahfirotun Rahmawati NIM 08205244067 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis geguritan siswa kelas VII E SMP N 3 Sleman dengan teknik kata berantai. Kemampuan siswa kelas VII E SMP N 3 Sleman dalam kompetensi menulis geguritan masih kurang dan belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Bertolak dari kenyataan inilah penelitian ini dilaksanakan, dengan upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis geguritan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP N 3 Sleman TA 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus dengan dua kali pertemuan di setiap siklusnya. Rancangan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data diperoleh dari observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi tugas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Validitas penelitian yang digunakan adalah validitas proses dan hasil, sedangkan reliabilitas dalam penelitian tindakan ini menyajikan data asli seperti catatan lapangan. Hasil penelitian ini adalah teknik kata berantai dapat meningkatkan kemampuan menulis geguritan pada siswa kelas VII E SMP N 3 Sleman. Hal ini berdasarkan hasil tes siswa dari pratindakan hingga siklus III. Pada pratindakan dengan nilai rata-rata hitung 14,16 setara dengan 56,63% setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 16,91 setara dengan 67,63%. Pada siklus II meningkat menjadi 19,31 setara dengan 77,25% dan siklus III menjadi 20,72 setara dengan 82,88%. Kenaikan skor rata-rata kemampuan menulis geguritan siswa mengalami peningkatan sebesar 6,56. Selain itu, berdasarkan pengamatan selama penelitian berlangsung, terdapat keberhasilan proses berupa perubahan sikap siswa menjadi lebih bersemangat dan termotivasi dalam belajar menulis geguritan. ER -