<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "LAPORAN\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)"^^ . "Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sarana bagi mahasiswa\r\nuntuk menambah pengalaman dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan\r\nmanajerial di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk\r\nmembentuk mahasiswa agar menjadi calon pendidik yang profesional sesuai prinsip\r\npendidikan berdasarkan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial.\r\nSelain itu, PPL berfungsi sebagai bekal bagi praktikan agar memiliki pengalaman\r\nsecara nyata tentang pengajaran di sekolah sehingga diharapkan praktikan juga\r\nmemiliki pengetahuan dan keterampilan yang menunjang tercapainya penguasaan\r\nkompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Praktik Pengalaman\r\nLapangan (PPL) dimulai dari tanggal 2 Juli-17 September 2014 dan berlokasi di\r\nSMK PGRI 1 Sentolo yang beralamat di Klebakan, Salamrejo, Sentolo, Kulonprogo.\r\nAdapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan\r\nPPL meliputi praktik mengajar baik terbimbing maupun mandiri. Dalam praktik\r\nmengajar ini, praktikan mengajar dua kelas (kelas X AK dan X AP) dengan materi\r\nKerajinan Tekstil (Prakarya dan Kewirausahaan). Persiapan mengajar yang telah\r\npraktikan lakukan adalah observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, dan\r\npembuatan perangkat pembelajaran. Perencanaan lain yang harus disiapkan praktikan\r\nadalah penyusunan RPP yang berisi tentang Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar,\r\nIndikator Pencapaian, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode\r\nPembelajaran, Sumber Belajar, Media, Langkah-langkah Pembelajaran, Penilaian\r\nProses dan Hasil belajar yang di dalamnya terdapat Penilaian Kognitif, Afektif, dan\r\nPsikomotor.\r\nSelama praktik mengajar, praktikan menggunakan metode sainstifik,\r\ninquiry, simulasi, dan bermain peran (Role Playing). Hal ini dimaksudkan agar\r\npeserta didik lebih aktif dan tidak merasa bosan dengan pembelajaran yang ada.\r\nSelain itu, role playing juga digunakan untuk menciptakan suasana pembelajaran\r\nyang inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Secara umum, program-program PPL\r\ndapat berjalan lancar, namun tidak memungkiri bahwa selama pelaksanaan terdapat\r\nbeberapa hambatan seperti keberagaman karakteristik siswa, cara pengelolaan kelas,\r\ndan alokasi waktu untuk penyusunan perangkat pembelajaran. Tetapi hambatan itu\r\ndapat dilalui berkat keuletan, bimbingan, dan kerja sama dari semua pihak yang\r\nterlibat sehingga kegiatan PPL dapat berjalan lancar."^^ . "2014" . . . "LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Laporan ppl"^^ . . . . . . . . "Annisa Susanti"^^ . "Annisa Susanti"^^ . "Annisa Susanti Annisa Susanti"^^ . . . . . . "LAPORAN\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) (Text)"^^ . . . "103.docx"^^ . . "HTML Summary of #44452 \n\nLAPORAN \nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)\n\n" . "text/html" . . . "LPPMP" . .