TY - THES Y1 - 2010/05/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pencapaian kompetensi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FT UNY sebagai calon guru dan ditinjau dari aspek Penguasaan Bidang Studi, Pemahaman tentang Peserta Didik; Penguasaan Pembelajaran yang Mendidik; dan Pengembangan Kepribadian dan Keprofesionalan dalam kegiatan PPL di SMK se DIY. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FT UNY yang melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK se Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2009, sebanyak 90 orang yang tersebar di 13 SMK pada 5 kabupaten/kota se DIY. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi. Validitas isi instrumen penelitian dilakukan melalui expert judgement. Koefisien reliabilitas dihitung dengan statistik metode Cohen?s Kappa dari data hasil uji coba instrumen dengan metode inter?rater pada p ? 0,05. Teknik analisis data penelitian menggunakan descriptive statistic. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Pencapaian Total Kompetensi mahasiswa sebagai calon guru pemula SMK dengan kategori Cukup baik. (2) Pencapaian kompetensi mahasiswa pada Penguasaan Bidang Studi dengan kategori Cukup baik. (3) Pencapaian kompetensi mahasiswa pada Pemahaman tentang Peserta Didik dengan kategori Cukup baik. (4) Pencapaian kompetensi mahasiswa pada Penguasaan Pembelajaran yang Mendidik dengan kategori Cukup baik. (5) Pencapaian kompetensi mahasiswa pada Pengembangan Kepribadian dan Keprofesionalan dengan kategori Baik. A1 - Nurdjito, Nurdjito PB - UNY M1 - tesis ID - UNY44444 AV - restricted TI - Evaluasi Pencapaian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FT UNY Dalam Praktik Pengalaman Lapangan di SMK Se DIY KW - evaluasi KW - pencapaian kompetensi KW - praktik pengalaman lapangan UR - http://eprints.uny.ac.id/44444/ ER -