TY - THES ID - UNY44430 M1 - skripsi KW - TATA KRAMA KW - ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL KW - SISWA SMP KELAS VII AV - public TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TATA KRAMA BERJALAN MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII UR - http://eprints.uny.ac.id/44430/ Y1 - 2013/01/14/ N2 - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TATA KRAMA BERJALAN MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII Oleh: Eti Winarningsih NIM. 08205241048 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tahap pengembangan media pembelajaran tata krama mlampah dengan aplikasi Adobe Flash CS3 Professional, mendeskripsikan kualitas media pembelajaran tata krama mlampah yang dikembangkan dengan aplikasi Adobe Flash CS3 Professional, mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran tata krama mlampah dengan aplikasi Adobe Flash CS3 Professional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu (1) analisis; (2) tahap perancangan media pembelajaran; (3) tahap pengembangan media pembelajaran; (4) tahap validasi; (5) tahap evaluasi. Produk media ini diuji kelayakan oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media melalui validasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, tahap pengembangan media pembelajaran terdiri dari lima tahapan yaitu (1) tahap analisis; (2) tahap perancangan; (3) tahap pengembangan; (4) tahap validasi dan ujicoba; (5) tahap akhir/ evaluasi. Kedua, penilaian kualitas media pembelajaran tata krama mlampah didasarkan pada beberapa hasil penilaian validasi yaitu(1) hasil validasi oleh ahli materi termasuk dalam kategori ?sangat baik? dengan persentase 83,45%; (2) hasil validasi oleh ahli media termasuk dalam kategori ?sangat baik? dengan persentase 82,6%; (3) penilaian oleh guru bahasa Jawa termasuk dalam kategori ?baik? dengan persentase 74%; (4) tahap ujicoba dari siswa kelas VII termasuk dalam kategori ?sangat setuju? dengan persentase 83,15%. Ketiga, ujicoba dari siswa kelas VII termasuk dalam kategori ?sangat setuju? dengan persentase 83,15%. Persentase ketuntasan siswa dalam mengerjakan gladhen pada media mencapai 87,6%. Sesuai dengan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran tata krama mlampah yang dikembangkanmemperoleh tanggapan sangat baik dari siswa dalam membantu proses belajar tata krama mlampah. PB - FBS UNY A1 - Winarningsih, Eti ER -