<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TATA KRAMA BERJALAN\r\nMENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL UNTUK\r\nSISWA SMP KELAS VII"^^ . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TATA KRAMA BERJALAN\r\nMENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL UNTUK\r\nSISWA SMP KELAS VII\r\nOleh:\r\nEti Winarningsih\r\nNIM. 08205241048\r\nABSTRAK\r\nTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tahap pengembangan media\r\npembelajaran tata krama mlampah dengan aplikasi Adobe Flash CS3 Professional,\r\nmendeskripsikan kualitas media pembelajaran tata krama mlampah yang\r\ndikembangkan dengan aplikasi Adobe Flash CS3 Professional, mendeskripsikan\r\ntanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran tata krama mlampah\r\ndengan aplikasi Adobe Flash CS3 Professional.\r\nPenelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and\r\nDevelopment (R&D). Penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu (1)\r\nanalisis; (2) tahap perancangan media pembelajaran; (3) tahap pengembangan media\r\npembelajaran; (4) tahap validasi; (5) tahap evaluasi. Produk media ini diuji kelayakan\r\noleh dosen ahli materi dan dosen ahli media melalui validasi. Teknik pengumpulan\r\ndata dilakukan dengan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, tahap pengembangan media\r\npembelajaran terdiri dari lima tahapan yaitu (1) tahap analisis; (2) tahap perancangan;\r\n(3) tahap pengembangan; (4) tahap validasi dan ujicoba; (5) tahap akhir/ evaluasi.\r\nKedua, penilaian kualitas media pembelajaran tata krama mlampah didasarkan pada\r\nbeberapa hasil penilaian validasi yaitu(1) hasil validasi oleh ahli materi termasuk\r\ndalam kategori “sangat baik” dengan persentase 83,45%; (2) hasil validasi oleh ahli\r\nmedia termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan persentase 82,6%; (3) penilaian\r\noleh guru bahasa Jawa termasuk dalam kategori “baik” dengan persentase 74%; (4)\r\ntahap ujicoba dari siswa kelas VII termasuk dalam kategori “sangat setuju” dengan\r\npersentase 83,15%. Ketiga, ujicoba dari siswa kelas VII termasuk dalam kategori\r\n“sangat setuju” dengan persentase 83,15%. Persentase ketuntasan siswa dalam\r\nmengerjakan gladhen pada media mencapai 87,6%. Sesuai dengan hasil penelitian\r\ntersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran tata krama mlampah yang\r\ndikembangkanmemperoleh tanggapan sangat baik dari siswa dalam membantu proses\r\nbelajar tata krama mlampah."^^ . "2013-01-14" . . . "FBS UNY"^^ . . . "Pendidikan Bahasa Jawa, FBS UNY"^^ . . . . . . . . . "Eti"^^ . "Winarningsih"^^ . "Eti Winarningsih"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TATA KRAMA BERJALAN\r\nMENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL UNTUK\r\nSISWA SMP KELAS VII (Text)"^^ . . . "Eti Winarningsih_08205241048.PDF"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TATA KRAMA BERJALAN\r\nMENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL UNTUK\r\nSISWA SMP KELAS VII (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TATA KRAMA BERJALAN\r\nMENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL UNTUK\r\nSISWA SMP KELAS VII (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TATA KRAMA BERJALAN\r\nMENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL UNTUK\r\nSISWA SMP KELAS VII (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TATA KRAMA BERJALAN\r\nMENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL UNTUK\r\nSISWA SMP KELAS VII (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #44430 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TATA KRAMA BERJALAN \nMENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL UNTUK \nSISWA SMP KELAS VII\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa Jawa"@en . .