%0 Thesis %9 S1 %A Handika Putra, Bayu %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2012 %F UNY:44405 %I FBS UNY %K QUANTUM LEARNING, SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO %T UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT BERHURUF JAWA BERBASIS QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS XI AK 3 SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO %U http://eprints.uny.ac.id/44405/ %X UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT BERHURUF JAWA BERBASIS QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS XI AK 3 SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO Oleh Bayu Handika Putra NIM 07205241046 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat berhuruf Jawa berbasis Quantum Learning pada siswa kelas XI AK 3 SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Quantum Learning. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah penggunaan metode Quantum Learning (QL) dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat berhuruf Jawa siswa kelas XI AK 3 SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 3 SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo Tahun Ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 43 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis kalimat berhuruf Jawa berbasis Quantum Learning. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus. Rancangan penelitian tindakan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dari observasi, dokumen, tes, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif yang di dalamnya mempunyai tiga komponen utama, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Quantum Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat berhuruf Jawa siswa kelas XI AK 3 SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Penggunaan model Quantum Learning dengan kerangka rancangan belajar TANDUR (Tanamkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan) menjadikan siswa mudah menghafal aksara Jawa, senang menulis menggunakan aksara Jawa, dan lebih optimal dalam menyerap pembelajaran di kelas. Kriteria Ketuntasan Minimal di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo untuk pelajaran bahasa Jawa adalah 65. Nilai rata-rata kelas sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 57, sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 70,2, pada siklus II meningkat menjadi 74,1, dan sebesar 80,8 untuk nilai rata-rata kelas pada akhir siklus III. Bukti peningkatan keterampilan menulis kalimat berhuruf Jawa siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar pada setiap siklus terus meningkat. Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari tujuh aspek pengamatan terhadap siswa yang mengalami peningkatan, yakni peningkatan (1) kedisiplinan siswa, (2) kesiapan siswa menerima pelajaran, (3) keaktifan siswa, (4) kemampuan siswa melakukan diskusi, (5) kemampuan siswa menjawab pertanyaan, (6) keadaan siswa dengan lingkungan belajar, (7) kemampuan siswa mengerjakan tes.