TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengelolaan layanan Bimbingan dan Konseling (BK) yang meliputi : perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Depok, Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian dipilih berdasarkan pertimbangan keberhasilan langsung individu dengan pengelolaan kegiatan layanan bimbingan konseling di sekolah, yang meliputi : Kepala sekolah, guru pembimbing (BK), para pejabat urusan, dan wali kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumentasi, sedangkan analisis datanya dilakukan dengan analisis model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : a) perencanaan program layanan Bimbingan dan Konseling didasarkan pada hasil analisis kebutuhan siswa, bersifat faktual, fleksibel, berkesinambungan dan berdasarkan skala prioritas, b) pengorganisasian layanan Bimbingan dan Konseling berjalan sesuai dengan struktur organisasi dan mekanisme kerja, setiap personil Bimbingan dan Konseling menyadari tugas, peranan, kedudukan, wewenang, dan tanggungjawabnya masing-masing, c) pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling menggunakan pola 17, semua tahapan bidang bimbingan, jenis layanan kegiatan pendukung berjalan sesuai program, dan d) pengawasan terhadap pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling berjalan sesuai rencana/jadwal yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas Pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Y1 - 2010/10/30/ A1 - Wazimah, Wazimah PB - UNY TI - Pengelolaan Kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling SMP Negeri 1 Depok, Sleman, Yogyakarta AV - public KW - pengelolaan KW - bimbingan dan konseling M1 - tesis ID - UNY44342 UR - http://eprints.uny.ac.id/44342/ ER -