eprintid: 44311 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/43/11 datestamp: 2016-12-07 03:44:46 lastmod: 2019-10-01 12:00:50 status_changed: 2016-12-07 03:44:46 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Friska Prasetyaningrum, Friska Prasetyaningrum title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan kedalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan PPL terdiri dari dua bagian yaitu PPL I dan PPL II. Kegiatan di PPL I meliputi observasi lapangan yang digunakan sebagai landasan pembentukan program kerja dan merupakan awal pengenalan kondisi sekolah, kegiatan PPL II yaitu praktek mengajar terbimbing dan mandiri dimana mahasiswa praktikan dibimbing sebelum proses pembelajaran dalam menyusun perangkat pembelajaran. Proses pembelajaran terdiri dari membuka pelajaran, menyajikan materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siswa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk, cara evaluasi, dan menutup pelajaran.Dalam kegiatan PPL di SLB N 1 Bantul, mahasiswa praktikan mendapat kesempatan praktik mengajar di jurusan tunarungu kelas TK A, TK B, 1, 2, 3, 4, 5, 6. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa praktikan mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa praktikan dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki. Kegiatan akhir PPL adalah penyusunan laporan yang melampirkan dokumen- dokumen yang digunakan selama proses dan evaluasi pembelajaran seperti RPP. date: 2014 date_type: published publication: Laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Friska Prasetyaningrum, Friska Prasetyaningrum (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/44311/1/103.docx