@unpublished{UNY44289, school = {PGSD}, title = {MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PILAH KARTU (CARD SORT) PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI 1 SRANDAKAN BANTUL YOGYAKARTA}, year = {2016}, month = {December}, author = {Aliv Lukman Kurniadi}, url = {http://eprints.uny.ac.id/44289/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan teknik pilah kartu (card sort) pada siswa kelas IV B SD N 1 Srandakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classoom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD N 1 Srandakan yang berjumlah 21 anak. Objek penelitian ini adalah hasil belajar PKn siswa kelas IV B SD N 1 Srandakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, pengamatan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan ditandai dengan ? 75\% dari jumlah siswa memperoleh nilai ? 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik pilah kartu (card sort) meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada siklus I dan II. Pada siklus I siswa yang mendapatkan nilai ? 70 mengalami peningkatan sebesar 36\% dari kondisi awal 40\% menjadi 76\%. Pada siklus II meningkat sebesar 19\% menjadi 95\%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I meningkat sebesar 5,8\% dari kondisi awal 65 menjadi 70,48 kemudian meningkat lagi pada siklus II sebesar 7,14\% menjadi 77,62. Kata kunci: hasil belajar, PKn, teknik pilah kartu (card sort)} }