%0 Thesis %9 S1 %A Yuniati, Rita %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2012 %F UNY:44265 %I FBS UNY %K MENULIS RANGKUMAN, SMP NEGERI 4 DEPOK %T PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS RANGKUMAN BERITA BERBASIS DEBAT PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 4 DEPOK, SLEMAN YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/44265/ %X PELAKSANAN PEMBELAJARAN MENULIS RANGKUMAN BERITA BERBASIS DEBAT PADA SISWAPELAKSAN KELAS VIII C SMP NEGERI 4 DEPOK, SLEMAN YOGYAKARTA oleh Rita Yuniati NIM 08201244066 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajran menulis rangkuman berita berbasis debat, di kelas VIII C SMP Negeri 4 Depok, Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa-siswi kelas VIII C SMP Negeri 4 Depok, Sleman Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa dan objek pelaksanaan pembelajaran rangkuman berita. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan partisipatif dan analisis dokumen. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data antara lain: lembar pengamatan dan pedoman/lembar penilaian kemampuan menulis rangkuman dan debat. Teknik analisis data dalam penelitian, yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis rangkuman berita berbasis debat siswa-siswi kelas VIII C SMP Negeri 4 Depok, Sleman Yogyakarta berjalan secara optimal. Pelaksanaan pembelajaran menulis rangkuman berita berbasis debat, unsur yang dituliskan terdiri dari unsur 5W dan 1H yaitu what, when, where, who, why, dan how, siswa dapat menuliskan rangkuman berita sesuai unsur 5 W dan 1 H melalui pembelajran debat kelompok. Nilai rata-rata siswa setiap pertemuan yaitu pada pertemuan pertama yaitu 75,19, nilai rata-rata pertemuan kedua yaitu 72,70, nilai rata-rata pertemuan ketiga yaitu 74,41, dan pada pertemuan keempat nilai rata-rata siswa 73,43.